Selamat Datang di SMPN Satu Atap 1 Cimerak

Datang Cari Prestasi,Pulang Membawa Jatidiri

Daftar Blog Saya

Rabu, 07 Juli 2010

RPS/RKAS


BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang
SMP Negeri Satu Atap 1 Cimerak Kecamatan Cimerak Dinas Pendidikan Kabupaten Ciamis menempati areal tanah seluas 10.000 m2 dengan jumlah siswa dalam tahun keenam ini sebanyak 148 orang dan membutuhkan fasilitas ruang belajar yang memadai. Kondisi ruang belajar yang ada saat ini, sudah dipaksakan untuk menampung siswa baru dalam dua ruang belajar dengan menggunakan ruangan alternative berupa penyekatan ruang multifungsi. Prediksi calon siswa baru di tahun depan, 2011-2012/2011-2012  diprakirakan akan lebih banyak lagi (lihat kondisi SD pendukung dengan jumlah siswa kelas VI-nya yang ada saat ini). Prediksi menunjukkan akan hadir lagi siswa baru sekitar tiga rombongan belajar.
Demi mencapai visi, misi serta tujuan sekolah dalam upaya mensukseskan Wajar Dikdas 9 Tahun, serta eksistensi jatidiri sekolah yang baru berdiri; kami penuh harapan disertai keyakinan semoga perhatian berbagai elemen yang peduli pendidikan, termasuk Pemerintah,  mendapat tanggapan positif.

B.       Analisis Kebutuhan Sekolah
SMP Negeri Satu Atap 1 Cimerak selaku lembaga pendidikan mempunyai tanggungjawab untuk menciptakan generasi penerus bangsa yang mempunyai SDM yang berkualitas tinggi. Akan tetapi dalam pelaksanaannya  tidak bisa bergerak sendiri, maka dalam hal ini bantuan pemerintah merupakan suatu keharusan yang tidak bisa dilepaskan. Terlebih lagi SMP Negeri Satu Atap 1 Cimerak merupakan sekolah alternatif penunjang utama suksesnya wajib belajar di Indonesia. Di usianya yang relatif muda (berdiri tahun 2005) tentunya masih membutuhkan perhatian dan bantuan dari berbagai pihak, terutama pihak Pemerintah itu sendiri. Dana operasional kegiatan masih sangat kami perlukan, demikian pula penambahan ruang kelas baru seiring upaya kami dalam menyadarkan masyarakat akan pentingnya pendidikan perlu diimbangi keberadaannya. Sebab sungguh ironis, ketika kami berusaha keras menjaring peserta didik agar mau bersekolah, sementara ketika mereka tiba di sekolah, ruangan kelasnya pun tidak memadai.
Oleh karena hal tersebut di atas, kiranya Pembangunan Ruang Kelas Baru Plus yang memadai untuk kegiatan belajar mengajar di SMP Negeri Satu Atap 1 Cimerak perlu segera diwujudkan.
Analisis kebutuhan sekolah saat ini, dapat direkapitulasi sebagai berikut:
1.        Pembangunan 3 lokal RKB
2.        Pembangunan 1 lokal Mushola
3.        Pembangunan 1 lokal Ruang Perpustakaan
4.        Pembangunan 1 lokal Ruang Laboratorium IPA dan Bahasa
5.        Pembangunan MCK
6.        Pembangunan Pagar Sekolah
7.        Pembangunan Ruang Kesiswaan
8.        Pembangunan Ruang Guru
9.        Meubeuler Sekolah
Dari kesembilan kebutuhan mendesak tersebut, melalui RKS ini kami prioritaskan RKB, Mebeuler, Sanitasi, Pemagaran, Buku Sekolah, dan Komputerisasi.
           
C.    LANDASAN HUKUM.
Usaha pemerintah dalam mewujudkan Tujuan Pendidikan Nasional perlu ditunjang oleh kegiatan yang teratur, terarah dan terencana. Untuk itulah kami susun RKS Tahun Pelajaran 2010 / 2011, atas dasar :
1. Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.
2. Undang-undang Nomor 22 Tahun 1999 Tentang  Pemerintah Daerah
3. Undang-undang Nomor 25 Tahun 1999 Tentang Perimbangan Keuangan Pusat dan Daerah.
4. Keputusan Bupati Ciamis Nomor 34 Tahun 2001 Tentang Tugas Pokok dan Fungsi Tata Kerja Organisasi Cabang Dinas pada Dinas Pendidikan Kabupoaten Ciamis
5. Keputusan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Ciamis Nomor          Tahun   2007  Tentang Penetapan Bentuk Anggaran Pendapatan dan Belanja Sekolah (APBS) dan Petunjuk Teknis Pengelolaannya.

BAB II
VISI, MISI DAN TUJUAN SEKOLAH
            SMP Negeri Satu Atap 1 Cimerak merupakan salah satu lembaga pendidikan formal yang mengemban amanat untuk mencapai dan mendukung visi dan misi pendidikan nasional. Oleh karena itu SMP Negeri Satu Atap 1 Cimerak perlu memiliki visi dan misi sekolah. Dengan adanya Visi dan Misi SMP Negeri Satu Atap 1 Cimerak dapat dijadikan arah pijakan untuk bertindak dalam mencapai tujuan yang dicita-citakan.
            Adapun visidan misi dan tujuan pendidikan SMP Negeri Satu Atap 1 Cimerak adalah sebagai berikut :
A.    Visi Sekolah.
            “BERKUALITAS  di bidang pendidikan berdasarkan tatanan iman dan taqwa serta ber-EKPLORASI pada setiap kegiatan  yang selalu RELIGIUS dan TANGGAP terhadap perubahan dan perkembangan dalam mengemban AMANAH dalam tugas yang selalu menjalin kemitraan yang HARMONIS dalam bekerja secara  AKUNTABILITAS  dan NYAMAN“ (disingkat : BERTAHAN)
Indikator
BERKUALITAS:
1.      Berkualitas dalam pengembangan KTSP
2.      Berkualitas dalam pengembangan Silabus dan RPP.
3.      Berkualitas dalam pengembangan Kurikulum Muatan Lokal.
4.      Berkualitas  dalam proses pembelajaran.
5.      Berkualitas dalam kompetensi lulusan dan ketuntasan belajar.
6.      Berkualitas dalam SDM tenaga Pendidik dan tenaga kependidikan.
7.      Berkualitas dalam sarana dan prasarana.
8.      Berkualitas dalam penataan lingkungan.
9.      Berkualitas  dalam prestasi akademik.
10.  Berkualitas dalam prestasi non-akaemik.
11.  Berkualitas dalam manajemen sekolah.
12.  Berkualitas dalam kelembagaan sekolah.
13.  Berkualitas dalam peningkatan Imtaq
EKSPLOLARI :
1.      Eksplorasi dalam budaya lokal
2.      Eksplorasi dalam olah raga volley
3.      Eksplorasi dalam wira usaha
RELIGIUS:
1.      Religius dalam perilaku
2.      Religius dalam pergaulan
3.      Religius dalam berpakaian
TANGGAP:
1.      Tanggap terhadap perubahan aturan dan kebijakan
2.      Tanggap terhadap perubahan kurikulum

AMANAH:
1.     Amanah dalam menunaikan tugas profesi.
2.     Amanah dalam mematuhi aturan yang berlaku.
3.     Amanah pada komitmen melaksanakan budaya kerja keras.
HARMONIS:
1.      Harmonis dalam pelayanan kepada siswa.
2.      Harmonis dalam pelayanan kepada masyarakat.
AKUNTABILITAS:
1.      Akuntabilitas dalam melaksanakan tugas
2.      Akuntabilitas dalam menerima pendelegasian tugas dan wewenang
NYAMAN
1.      Nyaman dalam menjalin kemitraan semua warga sekolah.
2.      Nyaman dalam melaksanakan  tugas dan wewenang

B.     Misi Sekolah
1.       Terwujudnya pengembangan dan pelaksanaan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP).
2.       Terwujudnya pengembangan silabus pembelajaran.
3.       Terwujudnya penyusunan dan pengembangan sistem penilaian.
4.       Terwujudnya pengembangan Rencana Pelaksanaan Pembelajar-an (RPP).
5.       Terwujudnya pengembangan kurikulum lokal.
6.       Terwujudnya pengembangan proses pembelajaran untuk mencapai ketuntasan belajar.
7.       Terwujudnya pengembangan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tingkat lulusan.
8.       Menanamkan kesadaran warga sekolah untuk memenuhi peraturan tata tertib sekolah.
9.       Menumbuhkan semangat keunggulan secara intensif kepada seluruh warga sekolah.
10.         Menumbuhkan penghayatan terhadap ajaran agama yang dianut dan juga budaya bangsa sehingga menjadi sumber kearifan dalam bertindak.
11.         Melaksanakan pembelajaran dan bimbingan secara efektif, sehingga setiap siswa dapat berkembang secara optimal sesuai dengan potensi yang dimiliki.
12.         Berupaya mewujudkan sarana dan prasarana pendidikan sesuai dengan kebutuhan.
13.         Menerapkan manajemen partisipasif dengan melibatkan warga sekolah dengan komite sekolah.
14.         Menekan angka DO serta menyukseskan wajar dikdas 9 tahun.
C.    Tujuan Sekolah.
  1. Mewujudkan anak didik yang beriman dan bertaqwa.
  2. Mewujudkan anak didik yang cerdas, kreatif, iniovatif dan berahklakul karimah.
  3. Meningkatkan nilai rata-rata prestasi UAN untuk semua Mata elajaran Tahun 2010/2011.
  4.  Banyaknya siswa yang dapat masuk ke sekolah favorit.
  5. Menjadai juara siswa berprestasi lomba mata pelajaran dan lomba porseni baik tingkat Kabupaten maupun Provinsi.
  6. Mewujudkan anak didik yang berguna masyarakat.
  7. Meningkatkan kemandirian dan rasa tanggung jawab pada diri sendiri melalui kegiatan pramuka dan kegiatan ekstra kurikuler lainnya.
  8. Mempersiapkan anak didik untuk melanjutkan kejenjang yang lebih tinggi.
BAB III
PROFIL SEKOLAH
A. Sekolah Peduli Anak
 Sekolah menampung semua anak usia 7-12 tahun, sehingga tidak ada lagi anak usia sekolah yang tidak bersekolah. Dan jumlah siswa empat tahun terakhir setiap tahunnya meningkat. Sekolah menyalurkan Bantuan Siswa Miskin (BSM) kepada orang  yang ekonomi orang tuanya kurang mampu. Dalam kondisi ini semua siswa perlu diberikan tambahan gizi berupa makanan tambahan, namun sekolah belum mampu memberikan bantuan itu.
     Sekolah memberikan penghargaan kepada siswa yang berprestasi dan memberikan pembinaan kepada siswa yang berbakat dan berminat dan memberikan remedial kepada siswa yang mendapat nilai di bawah Standarisasi KKM yang ditentukan.

B.  Pembelajaran.
                        Kondisi ketersediaan unsur seperti: Silabus, RPP, Bahan ajar, alokasi waktu dan pemanfaatan alat evaluasi sudah ada, namun pelaksanaan pembelajaran masih belum baik terutama dalam hal penggunaan multi metode, penggunaan lingkungan sebagai sumber belajar dan penggunaan alat peraga yang sesuai.
                        Kesesuaian pelaksanaan pembelajaran dengan Silabus, RPP, dan alat evaluasi belum mencakup untuk seluruh bidang study. Strategi pembelajaran dilaksanakan secara berpariatif dan hasil ujian kenaikan kelas rata-rata diatas standar.

C.  Prestasi Peserta Didik.
1.    Peringkat UN terbaik berturut-turut:
a.       Tahun 2007/2008
:
Peringkat ke-1 se-Komisariat 10 dan Peringkat ke-7 se-Kabupaten Ciamis;
b.      Tahun 2008/2009
:
Peringkat ke-1 se-Komisariat 10 dan Peringkat ke-7 se-Kabupaten Ciamis;
c.       Tahun 2009/2010
:
Peringkat ke-1 se-Komisariat 10 dan Peringkat ke-1 se-Kabupaten Ciamis, ke-3 se Jawa Barat, ke-26 se-Indonesia dengan Nilai Rata UN sebagai berikut: Bahasa Indonesia: 8,70; Bahasa Inggris: 8,98; Matematika: 9,64; IPA:8,77; Jumlah Nilai: 36,08
d.      Tahun 2010/2011
:
Peringkat ke-1 se-Komisariat 10; dengan Nilai Rata UN sebagai berikut: Bahasa Indonesia: 8,00; Bahasa Inggris: 7,83; Matematika: 7,78; IPA:8,13.
2. Prestasi Akademis Siswa dan Guru Lainnya:
a.    Tahun 2007/2008
:
Peringkat ke-1 se-Komisariat 10 dan Peringkat ke-11 se-Kabupaten Ciamis Lomba Mengarang Bahasa Indonesia Siswa,atas nama Reni Rismayanti.
Peringkat ke-11 se- Kabupaten Ciamis Lomba Guru Berprestasi atas nama Ikin Salikin Iskadar
b.    Tahun 2008/2009
:
Peringkat ke-6 se- Kabupaten Ciamis Lomba Guru Berprestasi atas nama Ikin Salikin Iskadar,S.Pd.
c.    Tahun 2009/2010
:
Peringkat ke-1 se-Komisariat 10 dan Peringkat ke-1 se-Kabupaten Ciamis, ke-3 se Jawa Barat, ke-26 se-Indonesia dengan Nilai Rata UN sebagai berikut:
d.   Tahun 2010/2011
:
Peringkat ke-1 se-Komisariat 10; dengan Nilai Rata UN sebagai berikut:
3. Persentase kelulusan 4 tahun terakhir mencapai 100 %
4. Persentase lulusan yang melanjutkan ketongkat SLTP mencapai 20 % .

D.  Manajemen Sekolah
1.    Peran guru dan Kepala Sekolah dalam manjemen pembelajaran sudah cukup baik, namun peran Komite masih sangat kurang mencapai 10 %.
2.    Keterlibatan Komite dalam manajemen peserta didik sangat kurang.
3.    Kurangnya keterlibatan guru dan komite dalam manajemen personalia.
4.    Manajemen sarana dan prasarana sekolah belum memadai.
5.    Pengelolaan keuangan sekolah sudah cukup baik dengan melibatkan guru dan komite.
6.    Manjemen hubungan sekolah dengan masyarakar sudah cukup baik, namun frekwensi pertemuan yang diadakan di sekolah masih kurang.
7.    Kepengawasan 4 tahun terakhir sudah cukup baik, namun dirasa kurang jika dilihat dari sisi fungsi kepengawasan itu sendiri.

E.  Sumber Daya Pendidikan.
1.    Kualifikasi pendidikan Guru PNS: S1 1 orang, S2 3 orang dan Guru Honorer S1 3 orang dan S2 2 orang.
2.    Kualifikasi pendidikan TU PNS: S1 1 orang, dan TU Honorer SLTA 2 orang.
3.    Kualifikasi pendidikan Penjaga: Honorer SLTA 1 orang, SLTP 1 orang.
4.    Kondisi Kepala Sekolah 4 tahun terakhir tingkat kompetensinya rata-rata cukup.
5.    Sarana Prasarana Lainnya dapat dilihat pada tabel berikut ini:
Tahun Ajaran
Jml Pendaftar (calon Siswa Baru)
Kelas VII
Kelas VIII
Kelas IX
Jumlah (Kls. VII+VIII+IX)

Jml Siswa
Jumlah             Romb. Belajar
Jumlah Siswa
Jumlah             Romb. Belajar
Jml Siswa
Jumlah             Romb. Belajar
Jumlah Siswa
Jumlah             Romb. Belajar


2009/2010
64
46
2  rbl
53
2   rbl
37
1   rbl
136
5  rbl

2010/2011
68
49
2  rbl
46
2   rbl
35
2  rbl
148
6  rbl

2011/2012
54
43
2  rbl
50
2   rbl
46
2  rbl
139
6  rbl


 9. a) Data  Ruang Kelas



Jumlah Ruang Kelas Asli (d)
Jumlah ruang lainnya yang digunakan untuk ruang kelas                                     (e)
Jumlah ruang yang digunakan untuk ruang kelas f=(d+e)

Ukuran 7X9 m2     (a)
Ukuran    > 63 m2 (b)
Ukuran      < 63 m2 (c)
Jumlah d=(a+b+c)



Ruang Kelas
3
-
-
3
 Jumlah : 
3   ruang
168 m²

 Yaitu :1. Ruang SD (56 m²)  

 2. Ruang Multifungsi (135 m²) untuk 2 Kelas




   b) Data Ruang Lainnya








Jenis Ruang
Jumlah
Ukuran (m2)
Jenis Ruang
Jumlah
Ukuran (m2)

 1. Perpustakaan
-
-
 4. Lab. Komputer
-
-

 2. Lab. IPA
-
-
 5. Keterampilan
-
-

 3. Lab. Bahasa
-
-
 6. Kesenian

-
-






1.  Data keadaan kondisi ruang kelas dan ruang lainnya

Jenis
Jumlah
Kondisi
Katagori  Kerusakan
Keterangan

Baik
Rusak

Kelas
3
3
-

Kebutuhan 6, Kekurangan 3

Ruang Kepala Sekolah
-
-


Kebutuhan 1

Ruang Guru
1
1
-

Kebutuhan -

Ruang Perpustakaan
-
-
-

Kebutuhan 1

Ruang Lab. IPA
-
-
-

Kebutuhan 1

Ruang Ketrampilan
-
-
-

Kebutuhan -

Ruang Lab. Bahasa
-
-
-

Kebutuhan 1

Ruang Lab. Komputer
-
-
-

Kebutuhan 1

Ruang Multi Media
-
-
-

Kebutuhan 1

Ruang TU
-
-
-

Kebutuhan 1

Ruang Serbaguna
1
1
-

Kebutuhan 1

 9.  Data Tenaga Pendidik dan Tata Usaha






Jumlah Guru / Staf
Bagi SMP Negeri
Bagi SMP Swasta
Keterangan

 Guru tetap (PNS/Yayasan)
5 Orang
Orang


 Guru tidak tetap /PTT
5 Orang
Orang


 Guru PNS Dipekerjakan (DPK)
-
Orang



F.   Peran Serta Masyarakat.
1.        Anggota Komite dipilh secara demokrasi yang beranggotakan 9 orang terdiri dari 1 orang ketua, satu orang sekretaris, 1 orang bendahara dan 6 orang anggota, namun keanggotaan belum mewakili dari semua unsur masyarakat.
2.        Komite Sekolah memiliki AD/ART sebagai pedoman dengan anggota dan masyarakat.
3.        Peran dan fungsi Komite Sekolah masih rendah.

BAB IV
HARAPAN PEMANGKU KEPENTINGAN

1.      Sekolah Peduli Anak.
1) Jumlah siswa setiap tahun meningkat dengan kapasitas daya tamping maksimal 36 siswa tiap kelas.
2)  Lebih banyak siswa yang mendapat beasiswa, biaya transportasi, baju seragam sekolah.
3)  Semua siswa mendapat bantuan makanan tambahan sebagai perbaikan gizi bagi siswa.
4)  Banyaknya siswa yang mendapat perhatian sekoah terhadap kecerdasan, bakat dan minat peserta didik.
5)  Tetap mempertahankan agar tidak ada siswa yang putus sekolah.
2.      Pembelajaran.
1) Ketersediaan unsur pembelajaran seperti Silabus, RPP, Bahan Ajar, Alokasi Waktu dan Alat Evaluasi mencapai 100 % serta memaksimalkan penggunaan metode, alat praga serta penggunaan lingkungan sebagai sumber belajar dan buku paket murid tersedia untuk semua bidang study.
2) Kesesuaian pelaksanaan pembelajarn dengan Silabus, RPP dan Alat Evaluasi mencakup seluruh bidang study serta strategi pembelajaran dilaksanakan secara berfariatf dan hasil ujian kaenaikan kelas rata-rata jauh diatas standar.
3) Menerapkan Pendidikan Karakter secara total dan berjenjang
3.      Prestasi Peserta Didik
1)      Mengupayakan mempertahankan prestasi yang telah diraih dan meningkatkan prestasi-prestasi tambahan lainnya;
2)      Membekali peserta didik dengan keterampilan terapan sebagai bekal kecakapan hidup (life skills) berupa keterampilan kriya anyaman pandan yang bahan bakunya banyak terdapat di lokasi sekolah dan pemukiman penduduk;
3)      Tetap mempeertahankan kelulusan siswa setiap tahunnya mencapai 100 %.
4)      Mengupayakan peningkatan prosentase angka melanjutkan sekolah ke jenjang yang lebih tinggi.
4.      Manajemen Sekolah.
1) Dalam proses pelaksanaan perencanaan serta proses pembelajaran kepala sekolah berperan 100 % sedangkan Komite 50 %.
2) Peran serta Kepala Sekolah dan guru dalam manajemen peserta didik mencapai 100 % sedangkan Komite 60 %.
3)  Meningkatkan keterlibatan gurtu dan Komite dalam manajemen personalia.
4)  Meningkatkan peran Komite dalam hal pemeliharaan dan pengadaan sarana dan prasarana sekolah.
5) Meningktkan keterlibatan Komite dan Pengawas dalam hal pengelolaan keuangan sekolah.
6)  Meningkatkan frekwensi pertemuan dengan masyarakat 2-4 kali dalam setahun.
7)   Meningkatkan frekwensi kepengawasan 2-8 kali dalam setahun.
5.      Sumber Daya Pendidikan.
1)   Semua guru yang kualifikasi pendidikannya S1 akan diupayakan setara ke S2
2)   Tingkat Kompetensi Kepala Sekolah diatas cukup.
3)   Adanya lemari dan meja guru disetiap kelas yang kondisinya baik.
4)   Semua siswa memiliki buku pegangan pelajaran dengan rasio 1:1.
 5) Tersedianya alat pembelajaran untuk semua mata pelajaran dan memiliki media pendidikan seperti televisi, laptop, OHP dan tersedianya semua perlengkapan olah raga dan kesenian.
6) Tersedianya mesin poto copy dan mesin stenciel serta ginset sebagai sarana penunjang administrasi sekolah.
7) Adanya ruang kantor, ruang kelas, ruang pustaka, musholla dan kantin sekolah.
8)  Adanya pendanaan sekolah dari sumber lain seperti donatur, alumni dan dari masyarakat.
6.      Peran Serta Masyarakat.
1)  Keanggotaan Komite Sekolah mewakili dari semua unsur masyarakat seperti adanya perwakilan dari tokoh agama, pendidikan, orang yang ekonomi lemah, pengusaha dan sebagainya.
2)   Memiliki AD/ART sebagai  pedoman kerja, serta meningkatkan frekwensi pertemuan       dengan anggota secara terjadwal.
3)    Meningkatkan peran dan fugsi Komite Sekolah dimasa yang akan datang.

BAB V
RENCANA KERJA DAN ANGGARAN KEGIATAN SEKOLAH
Rencana Kerja dan Anggaran Kegiatan Sekolah diwujudkan dalam bentuk Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolak (RKAS) dalam setiap tahun pelajaran dengan penyesuaian tahun anggaran, dan merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari RKS ini. Namun demikian dalam aplikasi pembuatannya dilakukan secara printout terpisah dari RKS ini.

BAB VI
PENUTUP
Rencana Kegiatan Sekolah (RKS) SMPN Satu Atap 1 Cimerak Kabupaten Ciamis Propinsi Jawa Barat ini telah kami susun bersama Kelompok Kerja Rencana Pengembangan Sekolah (KKRPS) dan semua pihak yang telah terlibat dalam penyusunan RKS untuk dapat dipergunakan sebagai Panduan dan Pedoman dalam Pelaksanaan Kegiatan selam 4 Tahun kedepan dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan dan menekan angka putus sekolah sejak tahun 2011 sampai sekarang pemerintah telah mengalihkan sebagian dari subsidi BBM untuk membantu/meringankan beban orang tua murid melalui program Kompensasi Pengurangan Subsidi BBM dalam bentuk Bantuan Operasional Sekolah (BOS).
Dengan tersusunnya RKS ini semoga dana yang masuk ke sekolah baik dari dana BOS maupun dari dan rutin lainnya dapat dimanfaatkan seepektif mungkin yang tertuang dalam kegiatan yang tersusun dalam program kerja sekolah dapat terlaksana dengan baik dan mencapai tujuan sebagaimana yang kita harapkan, khususnya meningkatkan profesionalisme guru dan meningkatkan mutu pendidikan,  kami menyadari RKS yang kami susun mungkin masih jauh dari kesempurnaan maka dari itu kami mengharapkan saran yang sifatnya membangun untuk kesempurnaan RKS ini.
Akhirnya kami tidak lupa mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu secara teknis dalam penyusunan RKS ini, semoga RKS ini dapat bermanfaat, Amin  




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini